• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Jumat, 18 Maret 2016

QUESTION'S AND ANSWER TENTANG APLIKASI BANKAMBING


Apakah BANKAMBING itu ?

BANKAMBING adalah aplikasi mobile pertama yang menerapkan konsep peternakan  domba secara online dengan mengintegrasikan teknologi  informasi di dalam proses beternak domba dari mulai dari pembelian kambing, penitipan dan perawatan kambing untuk digemukan atau di kembangbiakan dengan metode kos-kosan kambing, serta proses penjualaan kambing setelah masa kos.

Di mana lokasi peternakan BANKAMBING ?

Peternakan pertama kami ada di Jambu-Ambarawa-Jawa Tengah yang dikenal dengan Mukmin Mandiri Farm dan Insya Allah akan menyusul peternakan-peternakan lain di beberapa lokasi yang dipandang perlu di seluruh Indonesia.

Bagaimana cara saya bisa beternak di BANKAMBING ?

Anda dapat langsung beternak kambing di aplikasi BANKAMBING melalui 3 langkah yaitu Registrasi bankambing untuk mendapatkan rekening virtual account secara online, beli kambing sesuai keinginan dalam katalog online kami dan koskan kambingkanya di peternakan BANKAMBING dengan biaya per bulan Rp 10.000,- untuk sewa kandang, dan Rp 1500,-  perhari untuk biaya pakan ternaknya.

Apa keuntunganya bagi saya ?

Pertama Anda bisa beternak kambing tanpa harus memiliki lahan yang luas, serta perlu membangun kandang hingga repot merawat kambing milik anda, anda dapat beternak kambing langsung dari smartphone anda.

Kedua Anda bisa menjual kembali domba atau kambing Anda kapan saja semudah pencairan uang di bank.

Ketiga Anda bisa mendapatkan kemanfaatan dari beternak kambing sesuai dengan kebutuhan anda misalnya untuk pembelian property,kendaraan, biaya pendidikan, asuransi kesehatan keluarga, tabungan pensiun hingga biaya umroh dan haji melalui program tebar manfaat kami.

Apakah untuk layanan aplikasi BANKAMBING ini saya harus mengeluarkan biaya ?

Biaya untuk memelihara satu ekor kambing di bankambing, pemilik account berkewajiban membayar biaya sewa kandang sebesar Rp 10.000,- perbulan dan biaya pakan kambing Rp 1500 per hari dan asuransi ternak sebesar 5% yang dibayarkan pada saat mulai mengekoskan kambing.

BANKAMBING hanya berkewajiban memberikan jasa layanan merawat kambing dan penyedia sarana kandang sesuai kebutuhan pemilik kambing tanpa mendapatkan hak bagi hasil dari pertambahan berat dan peranakan domba/kambing yang lahir milik pemilik account. Murni kambing adalah milik pemilik acount, dan bankambing hanya sebagai regulator penyelengara ternak online.

Kapan biaya-biaya tersebut, di bayarkan, dan bagaimana caranya?

Biaya sewa, pewaratan dan asuransi ternak dibayarkan diawal kontrak sewa kandang dan perawatan saat pemilik Account bankambing memutuskan untuk beternak kambingnya melalui sistem yang kami tawarkan. Semua rincian biaya akan terlampir pada saat anda memilih kambing di dalam fitur katalog kambing bankambing. Untuk cara pembayaran, anda harus terlebih dahulu mendaftar secara online di aplikasi bankambing yang kemudian anda akan mendapatkan nomer rekening virtual dari bankambing untuk divalidasi oleh mitra bank yang ditunjuk oleh bankambing yaitu BPD Jateng dan BMI (Bank Muamalat Indonesia) guna mendapatkan buku tabungan yang kemudian secara otomatis Virtual Account milik anda telah teraktivasi dengan sendirinya, baru anda bisa mulai bertansaksi dalam aplikasi bangkambing mulai dari proses pembelian kambing, pembayaran biaya sewa dan perawatan hingga menerima hasil penjualan kambing milik anda layaknya melakukan transaksi keuangan dalam mobile banking.

Kapan kira-kira account saya mengalami BEP (Break Event Point), atau tidak berkurang ketika saya harus menjual kembali ?

Dari pengalaman yang ada, rata-rata diperlukan waktu 3 bulan untuk bisa memperoleh hasil setelah dikurangi biaya-biaya sewa dan perawatan kambing di kisaran angka 7 %. Karena jual beli dalam bankambing menggunakan harga berat hidup hewan ternak. Sehingga ketika pemegang account ingin menjual kambingnya sebelum 3 bulan bisa dimungkinkan hasilnya kurang dari 7% atau bahkan rugi karena biaya yang telah dibayarkan untuk sewa dan perawatan tidak bisa di refund atau di kembalikan setelah memutuskan kambingnya dijual sebelum masa kontrak sewa kandang habis. Jadi memang tidak disarankan untuk membeli domba/kambing untuk jangka pendek, karena BEP Anda akan berkisar di sekitar 9 - 12 bulan.


Berapa kira-kira hasil bersih yang bisa saya harapkan dengan beternak domba/kambing di BANKAMBING ?

Kami tidak bisa menjanjikan hasil yang pasti karena banyaknya faktor dalam pengelolaan ternak domba/kambing ini. Seperti faktor penyakit, kematian, keterlambatan peranakan, iklim, ketersediaan pakan dan lain sebagainya.

Namun berdasarkan pengalaman selama tujuh tahun ini, hasil bersih domba atau kambing di peternakan kami berkisar antara 15 % sampai 20 % per tahun, dan kami akan terus berusaha untuk memperbaiki segala sesuatunya untuk mencapai hasil yang lebih baik. Mungkin untuk tahun pertama saat bergabung dengan BANKAMBING sedikit lebih rendah karena anda baru mulai beradaptasi di dunia peternakan kambing. Karena paling tidak pemilik account membutuhkan waktu 12 bulan penuh untuk melihat peta peluang dalam bisnis ini untuk memaksimalkan hasil dalam ternaknya. Namun tidak menutup kemungkinan kurva waktu belajar tersebut dengan sangant cepat dipotong jika pemilik acount berperan secara aktif mengikuti kegiatan pelatihan seminar dan workshop yang di adakan bankambing untuk meningkatkan hasil ternaknya. informasi-informasi untuk kegiatan tersebut akan selalu terupdate dalam website resmi kami. Tips’nya adalah sering-sering buka website resmi bankambing walaupun hanya sekedar membaca artikel serta terlibat bertanya saat ada informasi baru dalam website kami

Bagaimana dengan resikonya ?

Karena kita memelihara makhluk hidup, tentu ada resiko yang terkait dengan kematian.

Untuk menekan resiko ini selain yang bersifat ikhtiar pendeteksi penyakit dari dini beserta pengobatannya, kami juga melakukan perhitungan resiko ini sehingga saat pemilik account menyewa kandang dan perawatan kambingnya di bankambing sudah termasuk kedalam asuransi ternak yang dimilikinya. Adapun penjelasanya :

Misalkan dari 1,000 domba ada yang mati 100 domba. Maka yang 50 domba ditanggung bankambing, dan 50 domba dibagi rata sesuai kepemilikan domba dari masing-masing peserta. Artinya setiap peserta menanggung resiko tersebut sekitar 5 % dari harga kambing dalam katalog kambing yang sudah dimasukan dan dibayarkan dalam biaya asuransi ternak saat pembelian hewan ternak.

Bagaimana contoh perhitungan bagi hasilnya seandainya saya menitipkan satu domba di bankambing ?

Pada saat anda akan mengekoskan kambing anda di bankambing, anda akan mendapatkan penjelasan persyarat dan ketentuan bahwa ketika Anda membuka account bankambing, maka Anda setuju untuk menitipkan domba Anda kepada bankambing, yang mana kewajiban bankambing hanya menyewakan kandang, merawat serta memberikan layanan proses pemeliharaan ternak para pemilik acount, yang mana penyediaan binatang ternak hanya melalui katalog resmi yang sudah disiapkan oleh bankambing berdasarkan stok kuota kandang yang dimiliki. serta membaginya menjadi 2 model kelompok yaitu kelompok kambing penggemukan dan kelompok kambing yang dikembangbiakan. Untuk kemudahan contoh perhitungan saja, berikut kami buatkan skenario perhitungannya:

Domba Bakalan
Pada saat Anda transfer, harga perkilo hidup Rp 50.000,- misalnya anda membeli kambing dengan berat hidup 16 Kg x Rp 50.000,- = Rp 800,000. 
Secara rata-rata diperlukan waktu sekitar 1 tahun untuk bakalan domba ini mencapai berat standar 40 kg, sehingga ketika kambing dipelihara untuk digemukan selama 3 bulan estimasi pertumbuhan berat badan kambing kurang lebih akan menjadi menjadi 22kg (Rp 1.100.000 dengan asumsi harga perkilo hidup masih sama Rp 50.000,-). Lalu biaya untuk pembesaran ternak tersebut pemilik account harus membayar sewa kandang Rp 30.000,- dan pakan Rp 135,000 untuk 3 bulan, lalu asuransi ternak atau biaya resiko jika kita taawunkan misalnya dengan tanggungan bersih 5 % (setelah pengelola ikut menanggung separuhnya) – maka ada nilai kontribusi kematiannya adalah 5 % x Rp 965,000 menjadi Rp 48,250.
Total biaya untuk beternak kambing selama 3 bulan: Rp 800,000 + Rp 30,000 + Rp 135,000 + Rp 48,250 = Rp 1,013,250.
Hasil yang diperoleh pemilik acount sebesar : Rp 1,100,000 – Rp 1,013,250 = Rp 86,000 dalam 3 bulan sekitar 7 %.

Domba Dewasa
Untuk pembelian domba indukan yang siap hamil dengan harga Rp 1.500,000,- Domba calon indukan ini juga masih bisa bertambah berat dan asumsinya melahirkan sebanyak tiga kali, selama dua tahun. Dimana biasanya anak pertama 1 ekor, sedangkan anak kedua dan ketiga adalah 2 ekor(kembar). Yang menarik biasanyaa di saat indukan melahirkan anak ketiga, anak pertama sedang hamil (jika anak pertama betina) dan pada akhir tahun kedua pemilik account memutuskan seluruh hewan ternaknya yang dimilikinya di jual semua, kurang lebih rincian sebagi berikut :
-       Biaya indukan selama 2 tahun :
sewa kandang Rp 240.000,-, pakan Rp 1.080.000,-, asuransi ternak Rp 166.000,- = Rp 1.486.000,-
-       Biaya anak pertama (saat panen ber umur 18 bulan berat 40 kg karena masa hamil kambing 5 bulan dan masa sapih 2-3 bulan baru mulai hamil anak kedua) :
sewa kadang Rp 180.000,- pakan Rp 810.000,- asuransi ternak Rp 149.500,- = Rp 1.139.500,-
-       Biaya anak kedua (kembar) estimasi saat panen berumur 12 bulan berat 26kg :
sewa kandang Rp 240.000,- pakan Rp 1.080.000,- asuransi ternak Rp 196.000,-  = 1.516.000,-
-       Biaya anak ketiga (kembar) estimasi saat panen berumur 6 bulan berat 14kg :
sewa kandang Rp 120.000,- pakan Rp 540.000,- asuransi ternak Rp 0,-  = 660.000,- (biaya asuransi ternak di lakukan jika umur ternak sudah mencapai 8 bulan)

(misal saat anak pertama itu betina)
-       Biaya anak dari anak pertama estimasi saat panen berumur 6 bulan berat 14kg :
sewa kandang Rp 60.000,- pakan Rp 270.000,- asuransi ternak Rp 0,-  = 33.000,- (biaya asuransi ternak di lakukan jika umur ternak sudah mencapai 8 bulan)


Harga jual kambing (misal harga perkilo hidup setelah 2 tahun Rp 60.000,-) :
Induk karena tidak ada pertumbuhan bobot 40Kg = Rp 2.400.000,-
Anak pertama 40Kg = Rp 2.400.000,-
Anak kedua 26kg x 2 ekor (karena kembar) = Rp 3.120.000,-
Anak ketiga 14kg x 2 ekor (karena kembar) = Rp 1.680.000,-
Anak dari anak pertama 14kg  = Rp 840.000,-
  
Hasil bersihnya pemilik acount adalah Rp 10,440,000 – Rp 6,681,000 = Rp 3.759.000,- Karena Anda memperoleh ini untuk dua tahun, maka prosentase hasil peternakan setara dengan Rp 3.759,000,-/Rp 6.681.000,-  = 56% dalam 2 tahun atau 28 % per tahun.

Tentu semua ini adalah perhitungan estimasi, realitasnya bisa saja berbeda karena akan ada faktor kelahiran, pertambahan berat yang tidak seragam/konsisten, penyakit dsb. Sebagai oprator penyedia sarana peternakan kambing, bankambing akan selalu dan terus berupaya memberikan program program kombinasi peternakan guna membantu mempenuhi kebutuhan dari pada pemilik ternak.
Salah satunya dengan mendorong pemilik acount membuat kombinasi antara keduanya, misal dengan anda membeli 12 ekor kambing dengan program penggemukan dan 2 ekor program dikembangbiakan. Dimana dengan rincian :
Kelompok A : 4 ekor umur 8 bulan dengan rata-rata berat 16Kg (bulan 1)
Kelompok B : 4 ekor umur 8 bulan dengan rata-rata bobot 16Kg (bulan 2)
Kelompok C : 4 ekor umur 8 bulan dengan rat-rata bobot 16Kg (bulan 3)
Lalu anda mengatur jadwal penjualannya : kelompok A,B,dan C agar anda bisa memanennya ber”urutan” setiap bulannya dengan rata-rata bobot kambing ukuran 22-24kg, dan mengulangi nya kembali sehingga anda betul betul mendapatkan keuntungan yang masif dari aplikasi bankambing ini. Namun dalam waktu yang sama anda juga harus sudah mempersiapkan kambing untuk dikembangbiakan, tujuannya untuk menggantikan kelompok penggemukan milik anda yang sementra berputar-putar saja itu akan pelan-pelan tergantikan dari hasil dari perkembangbikan yang sudah anda siapkan jauh hari sebelumnya itu. Jeli dalam melihat ketepatan waktu dalam melakukan keputusan pembelian dan penjualan kambing pun harus di lihat, cotoh saat 2 bulan sebelum idul adha adalah disaat harga kambing masih standar, dan saat idul adha pula kambing biasanya mengalami peningkatan harga di pasar global sehingga mempengaruhi kenaikan harga bobot kambing yang cukup signifikan, saran serta informasi dalam beternak ini bisa anda pelajari dalam berbagai kegiatan seminar dan workshop bankambing, harapannya kegiatan ini dapat memacu anda untuk menjadi pemilik acount yang aktif terlibat mengatur ternak anda. bankambing juga akan terus berkomitmen menjadi penyedia layanan peternakan pertama dengan membuka personal konsultasi bagi para pemilik acount sehingga seluruh pemilik acount dapat memaksimalkan hasil ternaknya.

Apakah domba saya diberi tanda spesifik  sehingga saya mengenalinya ketika berkunjung ?

Domba Anda akan diberi tanda spesifik berupa barcode yang ditanam pada lapisan kulit luar kambing yang tidak menyakiti kambing. Sehingga anda dapat mengakses keberadaan kambing anda, data berat badan, umur, hingga keturunan dari indukan kambing anda. Kambing anda juga dapat di ambil atau dikirim secara fisik.
Metode pemeliharaan dalam bankambing dilepas ke alam tidak dikurung dalam kandang, sehingga pertumbuhan kambing dapat secara maksimal di dapatkan. Selain itu juga untuk menekan biaya pakan karena sudah tersedia di alam, pembayaran pakan di setiap hari diawal adalah biaya perawatan kelangsungan lahan hijauan guna pemenuhan kebutuhan pakan kambing serta makanan tambahan secukupnya sebagai pemenuhan gizi seimbang yang dibutuhkan kambing, serta tujuan utama dari seluruh domba disatukan dalam satu koloni adalah karena untuk menekan biaya asuransi jika ada faktor resiko kematian tersebut di atas. Bila dialokasikan satu kandang per satu ke pemilik tertentu, maka yang terjadi resiko menjadi terlalu besar bila domba yang dialokasikan tersebut mati – karena hanya yang dombanya pas mati yang terkena, yang lain tidak.

Apakah saya bisa mengambil domba saya berupa fisik domba ?

Tentu Anda bisa mengambil domba atau kambing Anda karena kami hanya regulator penyedia sarana beternak saja. Bila hendak diantar ke tempak Anda akan dikenakan ongkos yang sesuai dengan jarak dari peternakan ke tujuan.
  
Bagimana saya bisa mengambil domba saya secara fisik atau hasil penjualannya ?

Dalam fitur aplikasi bankambing terdapat fitur PURNAKOS, didalamnya ada 3 pilihan yang pertama untuk mengatur prosees penjualan kambing anda sesuai dengan permintaan anda dimana terdapat kolom informasi harga per kilo hidup sebagai acuan penjualan kambing yang berlaku hari itu sehingga anda memiliki pilhan untuk menjual kambing anda dengan harga yang di sesuaikan pada berat hidup kambing anda pada saat akan dijual, kemudian hasil penjualan kambing anda akan ditransferkan ke rekening virtual milik pemilik account oleh bankambing, atau pilihan kedua melanjutkan pemeliharaan anda dengan membayar biaya sewa serta perwatan kepada bankambing dan pilihan ketiga adalah jika anda ingin mengambil kambing anda secara fisik dengan cara bisa di ambil ke lokasi peternakan atau dikirim tentu dengan tambahan biaya yang diperlukan untuk pengirimannya berdasarkan jauh dekatnya lokasi.

Berapa ukuran standar domba atau kambing dalam fitur PURNAKOS ?

Domba atau kambing standar yang kami gunakan sebagai acuan perekornya  seberat 40 kg +/- 10 % atau domba/kambing di rentang 36 kg s/d 44 kg.

Kalau kambing saya sudah berukuran lebih dari 40Kg atau kurang dari 36Kg bagaimana cara menghitungnya ?

Misalnya domba anda di kisaran 20 kg, maka PURNAKOS akan membeli domba anda dengan harga Rp 50.000 x 20kg = Rp 1.000.000,- (misal harga perkilo hidup hari itu Rp 50.000) namun jika harga perkilo hidup hari itu Rp 65.000,- tentu harga kambing anda menjadi Rp 1.300.000,- . begitu pula dengan kambing seberat 80kg rumus menghitungnya pun sama.

Apakah BANKAMBING membuka kerjasama dengan pihak lain untuk pengembangan peternakannya ?

Bankambing membuka kesempatan kerjasama baik dengan para professional pengelola peternakan domba/kambing yang amanah, maupun dengan para pemilik lahan gembalaan utamanya adalah perkebunan-perkebunan atau pihak lain yang memiliki lahan yang luas untuk dijadikan sebagai mitra bankambing, dimana sistem smartfarm yang bankambing dapat  di terapkan di berbagai daerah dan tidak hanya kambing saja, sapi pun bisa.

Para mitra bankambing akan dilatih dan beri pembekalan yang cukup sehingga dapat melakukan layanan yang prima di setiap cabang peternakan dalam naungan manajemn bankambing pusat.

Saya sudah punya domba namun saya tertarik dengan layanan jasa yang disediakan bankambing, apakah saya dapat langsung menitipkan domba saya kepada bankambing walaupun kambingnya bukan berasal dari katalog bankambing?

Jawabannya tidak bisa, ketersediaan layanan bankambing berdasarkan persediaan stok kambing dalam katalog kambing, karena parameter ketersedian kambing telah di hitung berdasarkan kuota dalam kandang, jadi dengan kata lain jika stok dalam katalog kambing masih ada berarti anda masih bisa beternak kambing, dan jika habis anda harus mengantri berdasarkan nomer urut antrian untuk mendapatkan layanan bankambing. Namun jangan khawatir jika anda sudah kehabisan kuota, kami sarankan anda tetap melakukan registrasi dan aktivasikan rekening virtual bankambing karena kami menghargai bukti komitmen dan keseriusan anda dalam mengantri stok kuota sehingga kami akan memperioritaskan bagi anda pemilik virtual acount yang telah lebih dulu antree untuk mendapatkan kuota bankambing saat kuota kembali tersedia. Dan untuk para pemilik acount yang awalnya telah memiliki kuota lalu ditengah jalan memutuskan menjual kambingnya padahal masa sewa kambing belum saatnya menyatakan pilihannya untuk berhenti beternak atau memperpanjang masa sewa, pemilik account tersebut tidak dapat serta merta mendapatkan kuotanya kembali, karena semua berdasarkan ketersediaan kuota yang bisa dilihat dari ketersediaan kambing pada katalog bankambing. Tipsnya yang sudah punya kuota di manfaatkan dengan baik, dan yang belum dapat kuota tetap lah melakukan registrasi dan aktivasi rekening virtual bankambing karena pepmebritauan ketersedian kuota akan kami kabarkan secara langsung kepada anda karena bankambing berkomitmen akan terus mengembang lahan ternaknya sehingga dapat memenuhi kuota ternak bagi para pemilik acount.

Secara pemadanan 1 ekor kambing = 1 dinar, kalau saya ingin menjual kambing saya dengan dinar bisa?

Untuk saat ini layanan tersebut belum ada pada kami, mengingat berat kambing yang tidak semuanya standar 40Kg. namun mekanismenya tetap serupa dengan pemadanan 1 ekor kambing = 1 dinar, dimana ketika harga jual kambing seberat 40kg dalam fitur PURNAKOS, kurang lebih akan sama dengan harga satu dinar dalam rupiah saat itu.


Apakah bankambing membuka kesempatan belajar atau magang ?

Bankambing memiliki pusat pelatihan dan pendidikan bagi para peternak yang ingin belajar tentang teknologi smartfarm ini, namun karena kapasitasnya terbatas mungkin akan disesuaikan dengan ketersediaan kuota yang ada.

Bagaimana kami bisa bergabung ?

Jangan buru-buru bergabung, karena untuk peluncuran perdana aplikasi bankambing ini akan di umumkan melalui blog bankambing ini, dan jika anda tertarik dengan layanan kami dan ingin mendapatkan notifikasi saat kami meluncurkan aplikasi ini, anda bisa berkomentar pada postingan “Question and answer Bankambing” kali ini. Kemudian setelah peluncuran perdana tersebut anda bisa mendownload aplikasi bankambing di website resmi kami atau di Appstore dan Playstore. Dengan cara mendaftar dan mengikuti langkah dalam pembuatan virtual rekening terlebih dahulu. Setelah rekening virtual Account teraktivasi oleh kami dan Anda akan dapat melakukan pembelian perdana domba Anda pada katalog kambing kami, serta mengekoskan kambing milik anda pada kami. untuk detil mekanisme langkah beternak di bankambing nanti anda di situs resmi kami. Pesan kami jangan sampai ketinggalan ya,... yang pesan sudah ngantriiii,... karena kuota kami terbatas.

Berapa minimal Domba untuk bisa beternak di bankambing ?

Anda bisa beternak dari 1 ekor,

Berapa harga paling murah dalam katalog bankambing ?

ukuran domba kami paling kecil dalam katalog 16kg dengan harga Rp 800.000,- (harga bobot hidup Rp 50.000/kg)



0 komentar:

Posting Komentar

Kontak


Adress/Street

Sleman, Jogjakarta, Indonesia

Phone number

+(62) 85 743 152 217

Website

akufilosofi.blogspot.co.id